• Sabtu, 20 Agustus 2022

Sesuai Preseden, Timnas U-20 Israel Boleh Main di Indonesia, Ini Alasannya

- Senin, 27 Juni 2022 | 14:49 WIB
Timnas Israel kemungkinan lolos pada Piala dunia U-20 di Indonesia (Instagram)
Timnas Israel kemungkinan lolos pada Piala dunia U-20 di Indonesia (Instagram)

 


Timnas Israel U-20 akhirnya lolos ke Piala Dunia yang akan digelar di Indonesia 2023. Masalahnya, Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel, apakah mereka bisa ikut serta di ajang Piala Dunia tersebut. Jawabnya adalah boleh. Ini alasannya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Teuku Faizasyah menyatakan pihak yang mengundang timnas Israel adalah pihak ketiga yakni FIFA, bukan pemerintah Indonesia. Piala Dunia U-20 bakal digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Semua peserta diundang oleh FIFA berdasarkan hasil kualifikasi setiap zona. Indonesia lolos secara otomatis karena menjadi tuan rumah.

Baca Juga: Jokowi Coba Damaikan Ukraina dan Rusia, Ini Rute Perjalanannya

Ia memberi contoh untuk event internasional yang diselenggarakan di Indonesia dan Indonesia sebatas sebagai tuan rumah, contohnya pertemuan IPU (Inter-Parliamentary Union) yang baru lalu. Undangan berasal dari pihak ketiga atau badan-badan internasional. Sebagai informasi, perwakilan dari parlemen Israel hadir dalam IPU yang digelar di Bali pada Maret lalu. Parlemen Israel memang menjadi anggota dari IPU.

Dia mengatakan ada proses keimigrasian yang menentukan bisa tidaknya seseorang masuk ke wilayah Indonesia. "Untuk event sepakbola dunia pengundang adalah FIFA," ujar Faizasyah, Senin (27/6/2022).

Israel memastikan satu tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Hal ini diraih berkat menjadi runner up fase grup dalam gelaran Euro U-19 2022.

Baca Juga: Gagal di Sirkuit Ancol, Streetrace Mungkin Dipindah ke BSD atau Meikarta

Timnas Israel U-19 ke Piala Dunia U-20 jadi sejarah baru bagi mereka. Mereka untuk pertama kalinya lolos ke ajang antar dunia itu.

Timnas Israel U-19 pun menjadi tim keempat asal Eropa yang tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Sebelumnya, ada Timnas Prancis U-19, Timnas Italia U-19, dan Timnas Inggris U-19.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liverpool Tertahan Lagi, Klopp Marah dengan Nunez

Selasa, 16 Agustus 2022 | 11:53 WIB

Tottenham Klub Paling Subur Pembuka Liga Primer

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:17 WIB
X