• Senin, 4 Juli 2022

Penjelasan Gus Baha: Kaya Tak Masalah Asal Sholeh

- Rabu, 30 Maret 2022 | 11:11 WIB
Ilustrasi orang kaya (Pixabay )
Ilustrasi orang kaya (Pixabay )

 

Setiafakta.com - Pada hakikatnya manfaat harta itu akan tergantung dengan siapa yang memilikinya. Kalau di tangan orang yang tidak baik, harta akan membuat seseorang lupa kepada Allah SWT. 

Tapi kalau di tangan orang orang sholeh, harta yang banyak pasti akan dipakai untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, misalnya untuk haji, shodaqoh dan sebagainya.

Hal ini dijelaskan oleh Gus Baha dalam sebuah kajian yang dikutip dari kanal Youtube Santri Ndalan yang membahas figih.

Dalam kesempatan itu, Gus Baha menjelaskan munculnya kritik terhadap orang zuhud yang keterlaluan. Dalam hal ini Gus Baha mengutip kritik dari Al Ghazali kepada orang yang menjalankan kehidupan zuhud secara berlebihan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghadapi Qadla dan Qadar? Inilah Panduan dari Gus Baha

Misalnya ada pendapat yang menyatakan bahwa hidup sebaiknya sederhana saja. Harta yang dibutuhkan hanya untuk makan hari ini dan besok. Pendapat seperti ini dinilai berlebihan. "Kalau seluruh dunia orang bersikap demikian, kapan mereka bisa naik haji," kata Gus Baha

Gus Baha memberi contoh kalau seorang suami mempunyai satu istri dan tiga anak berarti hanya butuh Rp100 ribu per hari untuk makan. "Orang zuhud itu menjalani hidup hanya untuk hari esok saja. Itu bagus bagi orang yang sudah orientasi ke akhirat," kata Gus Baha.

Tapi perlu diingat, dalam beragama kita juga memiliki kewajiban naik haji, dan zakat yang tentu saja memerlukan biaya. Sementara zakat nisabnya 84 gram emas. Kalau hanya memiliki harta Rp100 ribu sehari tentu akan kesulitan untuk naik haji dan zakat. Kalau cara hidup seperti ini disebarluaskan maka akan menyulitkan umat Islam untuk naik haji.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adi Hidayat Jelaskan Keistimewaan Nuzulul Qur'an

Rabu, 20 April 2022 | 05:30 WIB

Barokahnya Jadi Pengusaha, Menurut Gus Baha

Selasa, 29 Maret 2022 | 22:07 WIB
X