• Minggu, 2 Oktober 2022

Didukung Tiga Partai dan Tiga Mentor, Seberapa Besar Kekuatan Pasangan Anies-AHY

- Minggu, 18 September 2022 | 10:48 WIB
Pasangan Anies dan AHY  (Ig anies baswedan dan ig demokrat)
Pasangan Anies dan AHY (Ig anies baswedan dan ig demokrat)

 

Setiafakta.com - Gubernur DKI Jakarta sudah memastikan bersedia maju menjadi calon presiden 2024. Masalahnya, Anies tidak memiliki partai sendiri sehingga dia tergantung dengan keputusan partai yang bersedia mengusungnya.

Ada tiga partai yang menimang Anies sebagai capres yakni Nasdem, Demokrat, dan PKS. Kekuatan gabungan tiga partai ini cukup kuat bagi Anies untuk maju sebagai Capres.

Nasdem memiliki 59 kursi di DPR, Demokrat 54 kursi dan PKS 50 kursi. Totalnya 163 kursi atau 28,50 persen. Angka itu sudah memenuhi syarat pencalonan yakni 20 persen. 

Surya Paloh, pendiri Nasdem adalah sahabat Anies sejak lama. Anies turut berperan dalam pendirian ormas Nasional Demokrat, sebelum menjadi partai..

Baca Juga: Catatan Penting dari Guardiola untuk Grealish dan Haaland Usai City Menang Lawan Wolverhampton

Demokrat mengusulkan Anies karena akan dipasangkan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Anies dan AHY sudah bertemu beberapa kali dalam berbagai kesempatan.

Pasangan Anies-AHY akan mendapat sokongan mentor masing-masing. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).adalah ayah dan mentor AHY.

Jusuf Kalla merupakan mentor Anies. Kalla berperan mengarahkan Anies sebagai Gubernur DKI karena sikap moderatnya di tengah suasana panas kubu Ahok dan non Ahok pada pemilihan gubernur DKI lima tahun lalu.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Upaya Jegal Menjegal Calon Presiden, Nyata atau Ilusi

Jumat, 23 September 2022 | 07:50 WIB
X