• Kamis, 26 Mei 2022

Mengenal Griya Lansia Husnul Khatimah , Tempat Kisah Viral Trimah-Marti'in Dirawat

- Rabu, 3 November 2021 | 09:00 WIB
Penanggungjawab Griya Lansia Husnul Khatimah, Nur Hadi Rahmat mengungkapkan, awal mula Griya Lansia ini dibangun karena keprihatinan pengurus yang kerap kali menemukan beberapa lansia tak terurus (Instagram@malangdonasi)
Penanggungjawab Griya Lansia Husnul Khatimah, Nur Hadi Rahmat mengungkapkan, awal mula Griya Lansia ini dibangun karena keprihatinan pengurus yang kerap kali menemukan beberapa lansia tak terurus (Instagram@malangdonasi)

Setiafakta.com-Terkait Viralnya Kisah pilu Ibu Trimah dan sebelumnya Marti'in, nama Griya Lansia Husnul Khatimah Dusun Baran, Desa/Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang makin dikenal penjuru tanah air.

Penanggungjawab Griya Lansia Husnul Khatimah, Nur Hadi Rahmat mengungkapkan, awal mula Griya Lansia ini dibangun karena keprihatinan pengurus yang kerap kali menemukan beberapa lansia tak terurus.

Para lansia ini kebanyakan terlantar di beberapa tempat. Mulai jembatan, terminal, bahkan ada yang membusuk meninggal, karena tak terurus.

"Temuan kami banyak lansia terlantar tidak terurus, ada yang meninggal tidak terurus, ada yang sampai membusuk di jembatan, di terminal, kan ada. Terus kami punya inisiatif membangun griya lansia ini," cerita Nur Hadi Rahmat kepada wartawan, Selasa (1/11/2021).

Baca Juga: Kisah Uwais al Qarni, Anak Berbakti yang Doanya Dinanti Para Sahabat Nabi

Pembangunan lokasi ini digagas Ketua Yayasan Griya Lansia Husnul Khatimah, Arief Camra tahun 2019 lalu. Namun panti ini baru diisi lansia dengan kapasitas banyak pada 2021 lalu.

"Penggagasnya Pak Arief sudah menggerakkan sahabat yatim dhuafa relawannya banyak. Berdiri tahun 2019 mulai awal kita membeli tanah pondasi 2019, baru bisa terwujud 2021. Mulai 2019 itu sudah ada (lansia yang dirawat) dari desa sini sendiri, satu orang. Tapi masih bedeng, satu ruangan," tutur Nur Hadi.

Pembangunan Griya Lansia dimulai hingga akhirnya selesai pada awal 2021 lalu. Tercatat tiga lembaga donatur turut mengembangkan bangunan Griya Lansia Husnul Khatimah. Mulai Nurul Hayat, Sahabat Yatim Dhuafa dan Galena.

"Biaya pembangunan dari ketiganya, tiga lembaga ini yang mempromotorinya. Saat ini total ada 18 kamar, plus tiga bangsal, kapasitas maksimal 60 orang lansia. Ini sudah penuh. Ada yang meninggal kemarin sudah ada yang mau masuk," paparnya.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Tentang UAS yang Ditolak Masuk Singapura

Selasa, 17 Mei 2022 | 12:00 WIB

Indonesia Bertransisi dari Pandemi ke Endemi

Selasa, 10 Mei 2022 | 19:34 WIB

Arus Balik Capai Rekor Tertinggi dalam Sejarah

Minggu, 8 Mei 2022 | 19:32 WIB

Ingat, Warga Diminta Balik Lebih Cepat

Selasa, 3 Mei 2022 | 06:36 WIB

Rektor ITK yang Diduga Rasis Akan Ditindak

Senin, 2 Mei 2022 | 13:18 WIB
X