• Rabu, 8 Desember 2021

Kunjungi Indonesia dalam Misi Pelayaran, Kapal Australia Ucap Belasungkawa untuk Nanggala-402

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:24 WIB
Kapal Perang Australia Kunjungi Indonesia Dalam Misi Pelayaran Indo-Pacific Endeavour 2021 (Puspen TNI)
Kapal Perang Australia Kunjungi Indonesia Dalam Misi Pelayaran Indo-Pacific Endeavour 2021 (Puspen TNI)

 

Setiafakta.com - Memiliki teritorial yang dekat dengan benua Australia, tak jarang kerjasama bilateral antara Indonesia dan Australia terjalin. Satu di antaranya bahkan di bidang militer.

Bentuk kerja sama antar kedua negara bahkan terlihat pada Senin lalu, 25 Oktober 2021. Di mana berdasarkan laman Pusat Penerangan (Puspen) Tentara Nasional Indonesia (TNI),

Kapal Perang Angkatan Laut Australia HMAS Canberra mengunjungi Indonesia dalam rangka misi pelayaran Indo-Pacific Endeavor 2021 (IPE21). Kunjungan bertempat di Jakarta International Container Terminal (JICT 2), Tanjung Priok, Jakarta.

IPE21 sendiri merupakan suatu kegiatan pelayaran yang dilakukan Kapal Perang Angkatan Laut Australia setiap dua tahun ke seluruh wilayah Asia Tenggara. Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kerja sama Angkatan Bersenjata Australia dalam hal ini Angkatan Lautnya dengan mitra dekatnya di kawasan, seperti Indonesia.

Baca Juga: Tunjukan Persatuan dan Kebersamaan, Anies Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan GBKP

Dalam sambutannya, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams mengatakan bahwa IPE 21 merupakan peluang untuk meningkatkan interoperabilitas antar Angkatan Bersenjata, meningkatkan koordinasi dan yang terpenting untuk memperkuat komitmen bersama menjaga stabilitas keamanan di kawasan.

Lebih lanjut dikatakan, Angkatan Bersenjata Australia dan TNI telah bekerja dan berlatih bersama sejak tahun enam puluhan. Kerjasama ini menunjukkan komitmen bersama untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran untuk Australia, Indonesia dan juga untuk kawasan Indo Pasifik.

Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Australia juga menyampaikan belasungkawa atas musibah yang menimpa KRI Nanggala-402.

Halaman:

Editor: A. Fauzi Ramdani

Sumber: Puspen TNI

Tags

Terkini

Risma dan Sri Mulyani Dinilai Paling Bagus Kerjanya

Minggu, 5 Desember 2021 | 20:59 WIB

Polisi Larang Kegiatan 212, Peserta Bubarkan Diri

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:01 WIB

Longsor di Toraja Utara, 1 Orang Tewas 5 Luka-luka

Rabu, 1 Desember 2021 | 22:24 WIB
X