• Rabu, 8 Desember 2021

Mengapa Pilot Ikut-ikutan Protes Soal Tes PCR?

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 08:42 WIB
Ilustrasi pesawat Garuda di bandara (R. Wiranto Setiafakta)
Ilustrasi pesawat Garuda di bandara (R. Wiranto Setiafakta)

Setiafakta.com- Protes atas kewajiban tes PCR untuk penumpang pesawat masih mengalir. Bahkan pilot tidak setuju dengan adanya tes PCR untuk penumpang pesawat terbang.

Kebijakan tersebut, sebelumnya juga dipersoalkan berbagai kalangan, mulai Ketua DPR Puan Maharani hingga pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti.

Hal itu ditunjukkan oleh Asosiasi Pilot Garuda (APG). Mereka mempersoalkan syarat tes PCR untuk penumpang pesawat, di tengah upaya membangkitkan industri penerbangan nasional. 

Baca Juga: Rice Box PSI di Koja Berujung Keracunan, PSI DKI: Kami Minta Maaf

"Penumpang pesawat yang melakukan perjalanan dari dan ke Pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan hasil tes negatif COVID-19 dengan metode RT-PCR dalam kurun waktu 2x24 jam, kami dari Asosiasi Pilot Garuda (APG) menyatakan keberatan dengan SE tersebut," kata Presiden Asosiasi Pilot Garuda, Capt Donny Kusmanagri melalui keterangan tertulis, Senin (25/10).

Pilot Garuda menyayangkan penerapan aturan syarat penerbangan tes PCR, mengingat pemulihan ekonomi dari sektor transportasi udara dan pariwisata dalam dua bulan terakhir sudah menunjukkan proses membaik yang cukup signifikan.

Baca Juga: Heboh Nikita Mirzani Lafalkan Bacaan Salat Magrib, Ustaz Dasad Latif: Mengganggu Kemaslahatan Umat

"Ketika aturan persyaratan perjalanan moda transportasi udara diperketat kembali dengan aturan di atas, ini akan kembali memberatkan calon penumpang dan berdampak langsung kepada berkurangnya tingkat keterisian pesawat yang pada akhirnya memukul sektor pariwisata," ujarnya.

Selain itu, teknologi pesawat juga dilengkapi dengan HEPA filter yang berfungsi mencegah penularan virus di dalam pesawat dan berdasarkan penelitian dari berbagai pihak menunjukkan angka penularan COVID-19 di pesawat sangat kecil dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risma dan Sri Mulyani Dinilai Paling Bagus Kerjanya

Minggu, 5 Desember 2021 | 20:59 WIB

Polisi Larang Kegiatan 212, Peserta Bubarkan Diri

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:01 WIB

Longsor di Toraja Utara, 1 Orang Tewas 5 Luka-luka

Rabu, 1 Desember 2021 | 22:24 WIB
X