• Rabu, 8 Desember 2021

Duh, Sekarang Giliran Situs BSSN Jadi Sasaran Hacker

- Senin, 25 Oktober 2021 | 18:59 WIB
Pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan serangan tersebut diunggah pada hari Rabu 20 Oktober oleh akun twitter @son1x777. Di unggahan itu tertulis pelaku serangan adalah "theMx0nday" (Dokumentasi  CISSReC)
Pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan serangan tersebut diunggah pada hari Rabu 20 Oktober oleh akun twitter @son1x777. Di unggahan itu tertulis pelaku serangan adalah "theMx0nday" (Dokumentasi CISSReC)

 

Setiafakta.com- Serangan deface kembali terjadi pada situs pemerintah. Setelah sebelumnya menimpa situs Setkab, kali ini website BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) terkena deface, yang beralamat di www.pusmanas.bssn.go.id.

Dalam keterangannya pada Senin (25/10), pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan serangan tersebut diunggah pada hari Rabu 20 Oktober oleh akun twitter @son1x777. Di unggahan itu tertulis pelaku serangan adalah "theMx0nday".

“Dituliskan oleh pelaku deface bahwa aksi ini dilakukan untuk membalas pelaku yang diduga dari Indonesia yang telah meretas website negara Brasil,” terang chairman lembaga riset siber CISSReC (Communication & Information System Security Research Center) ini.

Pratama menjelaskan, deface adalah peretasan ke sebuah website dan mengubah tampilannya. Perubahan tersebut bisa meliputi seluruh halaman atau di bagian tertentu saja. Contohnya, font website diganti, muncul iklan mengganggu, hingga perubahan konten halaman secara keseluruhan.

"Seharusnya BSSN sejak awal mempunyai rencana mitigasi atau BCP (Business Continuity Planning) ketika terjadi serangan siber, karena induk CSIRT (Computer Security Incident Response Team) yang ada di Indonesia adalah BSSN," kata dia.

Baca Juga: Solskjaer Tidak Akan Dipecat Dalam Waktu Dekat, Ini Faktanya

Pratama meminta kejadian yang terus berulang seperti ini jangan dianggap remeh. 

"Jangan dianggap semua serangan deface itu adalah serangan ringan, bisa jadi hackernya sudah masuk sampai ke dalam," katanya. 

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Risma dan Sri Mulyani Dinilai Paling Bagus Kerjanya

Minggu, 5 Desember 2021 | 20:59 WIB

Polisi Larang Kegiatan 212, Peserta Bubarkan Diri

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:01 WIB

Longsor di Toraja Utara, 1 Orang Tewas 5 Luka-luka

Rabu, 1 Desember 2021 | 22:24 WIB
X