Liga Spanyol Tanggapi Tegas atas Keluhan Vinicius Junior

- Selasa, 23 Mei 2023 | 14:35 WIB
La Liga akan selidiki kasus rasisme yang telah menimpa Vinicius Junior (Euro Sport)
La Liga akan selidiki kasus rasisme yang telah menimpa Vinicius Junior (Euro Sport)

 

Setiafakta.com - Kasus rasisme terjadi lagi, kali ini terjadi di Spanyol. Bahkan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) dan Komite Teknis Wasit  telah memecat enam wasit VAR menyusul dugaan pelecehan rasis terhadap striker Real Madrid, Vinicius Junior.

Kasus ini terjadi saat Real Madrid menghadapi Valencia. Vinicius Junior mendapat provokasi Hugo Duro, pemain Valencia. Vinicius emosi dan menampar Hugo Duro setelah mendapat perlakuan kasar dari pemain Valencia tersebut. 

Setelah wasit memeriksa VAR, Vinicius Junior diganjar kartu merah. Para penonton Valencia berteriak "monyet" kepada Vinicius, inilah perilaku rasis yang terjadi.

Setelah insiden itu, Vinicius lewat media sosialnya mengunggah sebuah pernyataan yang mengutuk tindakan para pendukung tersebut, dan kurangnya tindakan dari La Liga.

Baca Juga: Lirik Lagu Bahasa Cinta - Novia Bachmid

Namun kini RFEF dan komisi teknik wasit telah mengambil tindakan, dengan memecat enam pejabat La Liga, termasuk Iglesias Villanueva, yang bertanggung jawab atas VAR saat kekalahan Real Madrid dari Valencia.

Pemecatan itu didasarkan gambar yang diberikan kepada wasit De Burgos Bengoechea di lapangan yang berujung pada kartu merah Vinicius Junior tidak lengkap.

"Mereka tidak dapat menemukan alasan mengapa tayangan yang dikirimkan hanya merujuk pada pukulan pemain Brasil itu ke wajah Hugo Duro dan bukan pada keseluruhan permainan," demikian pernyataan tersebut.

Real Madrid C.F. mengutuk keras kejadian yang terjadi kemarin terhadap Vinícius Junior. “Kejadian-kejadian tersebut merupakan satu serangan langsung terhadap model kehidupan bersama yang demokratis dan sosial di negara kita yang berdasarkan atas hukum,” tulis pernyataan Madrid.

Baca Juga: Setelah Menempuh Puluhan Lomba, Salma, Akhirnya Jadi Pemenang Indonesian Idol

"Real Madrid percaya bahwa serangan-serangan seperti itu juga merupakan kejahatan kebencian, dan oleh karena itu telah mengajukan laporan yang sesuai kepada Kejaksaan Agung, khususnya kepada Kantor Kejaksaan terhadap kejahatan kebencian dan diskriminasi. Ini agar fakta-fakta yang ada dapat diselidiki dan mereka yang bertanggung jawab dapat dimintai pertanggungjawaban." lanjutnya.

Menurut laporan itu keputusan memecat wasit tersebut adalah karena gambar yang dikirim ke wasit De Burgos Bengoechea di lapangan, yang pada prosesnya bikin Vinicius dikartu merah, tidaklah lengkap menggambarkan situasi sepenuhnya.

"Mereka tidak bisa menemukan alasan kenapa gambar yang dikirimkan cuma hantaman si pemain Brasil ke wajah Hugo Duro dan bukannya seluruh kejadian," demikian laporan tersebut.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Paling Favorit Jadi Cawapres

Minggu, 1 Oktober 2023 | 11:00 WIB
X