Mengapa Mahfud MD Lebih Cocok Dampingi Ganjar?

- Senin, 18 September 2023 | 10:00 WIB
Mahfud MD (Instagram Mohmahfudmd)
Mahfud MD (Instagram Mohmahfudmd)

 

 


Setiafakta.com - Kemungkinan Mahfud MD menjadi calon wapres mendampingi Ganjar Prnowo jauh lebih besar dibandingkan dengan Ridwan Kamil. Salah satu alasannya Mahfud dekat dengan Megawati.

Hal ini dikatakan oleh Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komaruddin

Ujang mengatakan Mahfud lebih berpeluang mendampingi Ganjar karena memiliki kelebihan antara lain disukai kalangan milenial, berasal dari Nahdlatul Ulama (NU), Ketua Dewan Pakar Majelis Nasional KAHMI, dan dekat dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, menurut dia, peluang RK lebih kecil karena Partai Golkar sudah tegas menyatakan bahwa mantan Gubernur Jabar itu bukan sosok bakal cawapres yang diusulkan partai tersebut.

Baca Juga: Tamu Istimewa Anies, Para Pendeta Sampaikan Masukan Tentang Banyak Hal

"Itu artinya mempersempit ruang bagi RK untuk menjadi bakal cawapres mendampingi Ganjar. Sudah jelas bahwa RK disiapkan Golkar untuk Pilkada di Jabar atau DKI Jakarta," ujarnya, Minnggu 17 September 2023.

Selain itu, Ujang meyakini sosok Mahfud, dengan beberapa kelebihannya, dapat "menambal" kekurangan Ganjar dalam kontestasi Pilpres 2024.

Namun untuk meningkatkan elektabilitas, menurut dia, harus dilihat secara objektif karena belum dideklarasikan sehingga tidak dapat dilihat secara terukur.

"Siapa yang tidak kenal Mahfud, berasal dari kalangan NU dan pemilih muda sudah tahu. Namun apakah bisa meningkatkan elektabilitas Ganjar, itu harus dilihat secara objektif karena belum dideklarasikan sehingga belum diketahui dampaknya," kata Ujang.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Baca Juga: Hanya Hannibal Yang Main Bagus Saat MU vs Brighton

Namun KPU berencana memajukan jadwal pendaftaran capres-cawapres, dari semula mulai 19 Oktober menjadi 10-16 Oktober.

Hingga kini, Ganjar belum menentukan calon wakil presiden yang akan mendampinginya dalam Pilpres 2024. Namun, utak-atik cawapres Ganjar mulai mengemuka dua nama kandidat yakni Ridwan Kamil dan Mahfud MD.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Paling Favorit Jadi Cawapres

Minggu, 1 Oktober 2023 | 11:00 WIB
X