Demokrat Merepat ke KIM, Ajakan PKS untuk Balik Ditolak

- Minggu, 17 September 2023 | 12:00 WIB
AHY Siap Umumkan Koalisi Partai Demokrat Pekan Depan. (Instagram @agusyudhoyono)
AHY Siap Umumkan Koalisi Partai Demokrat Pekan Depan. (Instagram @agusyudhoyono)


Setiafakta.com - Ada kabar Partai Demokrat telah bersedia bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Partai Amanat Nasional merasa senang, gembira, haru, dan bersyukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Partai Demokrat menyatakan siap sedia bekerjasama, bergabung, dan berjuang bersama-sama di Koalisi Indonesia Maju (KIM)," kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi

"Hal ini adalah kabar gembira buat kami di KIM. PAN, Golkar, Gerindra, PPP, dan Gelora menyambut PD dengan suka cita," ungkap dia.

Viva menuturkan masuknya Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju akan membuat koalisi semakin besar. Dia menyebut dengan begitu akan menambah perolehan suara untuk Prabowo.

Baca Juga: Airlangga Menerima Kehadiran Demokrat Jika Mau Bergabung KIM

"Manfaat elektoral yang diperoleh adalah, pertama, akan menambah basis konstituen koalisi. Setiap anggota partai koalisi memiliki basis konstituen akan disinergikan dengan baik dan akan menambah perolehan suara sehingga peluang untuk menang pilpres akan semakin besar," paparnya.

"Kedua, kerjasama antara PAN, PD, Gerindra, Golkar, dan lainnya secara empiris pernah terukir di pilpres sebelumnya sehingga tidak ada hambatan komunikasi dan kepentingan di antara anggota koalisi," tambah dia.

Lebih lanjut, bergabungnya Partai Demokrat, kata Viva, membuat Koalisi Indonesia Maju semakin optimis meraih kemenangan di Pilpres 2024. Viva mengatakan kehadiran Demokrat menambah kekuatan yang telah ada.

Sebelumnya, PKS mengajak Partai Demokrat kembali bergabung ke Koalisi Perubahan dan mendukung Anies Baswedan.

Baca Juga: Indonesia Harus Dapat Poin Penuh Lawan Ekuador di Piala Dunia U 17

Ajakan itu disampaikan oleh Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi selepas PKS resmi mendukung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pilpres 2024. PKS meminta Partai Demokrat tak marah berlarut-larut.

"Masa sih mau marah-marahan terus. Janganlah emosi berkepanjangan, janganlah, tetapi kita nggak bisa memaksakan. Kalau sudah putus apa boleh buat," kata Aboe Bakar di DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat (15/9/2023).

Ketua DPP PKB Cucun Ahmad Syamsurijal mengaku pihaknya terus melakukan komunikasi dengan Partai Demokrat. Cucun mengajak Demokrat kembali merapat ke Koalisi Perubahan untuk mendukung duet Anies Baswedan dan Cak Imin di Pilpres 2024.

"Komunikasi terus kita bangun, politik kan dinamis. Saya juga berharap bagaimana PKB bisa menjembatani kembalinya juga Demokrat bisa bersama dengan kami," kata Cucun di Pondok Pesantren Sa'adatuddaroin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/9/2023).

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Erick Thohir Paling Favorit Jadi Cawapres

Minggu, 1 Oktober 2023 | 11:00 WIB
X