• Minggu, 4 Desember 2022

Muhammadiyah Menilai Tindakan Rektor Unila Memalukan, Ini Reaksi Kemendikbudristek

- Senin, 22 Agustus 2022 | 12:20 WIB
Rektor Unila Karomani dan tiga tersangka lainnya terkena operasi tangkap tangan terkait dengan praktik suap untuk seleksi mandiri masuk ke Universitas Lampung  (PR/Portal Jogja)
Rektor Unila Karomani dan tiga tersangka lainnya terkena operasi tangkap tangan terkait dengan praktik suap untuk seleksi mandiri masuk ke Universitas Lampung (PR/Portal Jogja)

 

 

Setiafakta.com- Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas menyesalkan tindakan suap yang diduga dilakukan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani. 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Karomani dan beberapa anak buahnya karena menerima suap dalam rangka penerimaan mahasiswa jalur mandiri.

"Bagaimana kita bisa mengharapkan dunia perguruan tinggi dapat mencetak lulusan-lulusan yang berkarakter kuat, terpuji, dan anti-KKN, kalau baru mau masuk kuliah saja, anak didiknya sudah tahu busuk dan buruknya perangai sang rektor dan bawahannya," kata Anwar. 

Baca Juga: Pep Guardiola Bisa Paham Saat Tertahan di Newcastle dan Digusur Arsenal

Dia pun menilai hal tersebut merupakan musibah yang memalukan bagi dunia pendidikan di Tanah Air. 

"Ternyata sang rektor sendiri malah melakukan hal-hal yang tidak terpuji. Sang rektor itu sendiri yang telah melakukan dan menyemai benih KKN tersebut kepada bawahan dan mahasiswanya," ujar Anwar.

Pada Minggu (21/8), KPK menetapkan empat tersangka dalam kasus dugaan suap oleh penyelenggara negara atau yang mewakilinya terkait dengan penerimaan calon mahasiswa baru di Unila pada tahun 2022.

Sebagai penerima suap, Karomani (KRM), Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Heryandi (HY), dan Ketua Senat Unila Muhammad Basri (MB), sedangkan pemberi ialah pihak swasta Andi Desfiandi (AD).

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengapa Tiga Program Anies Dihapus Oleh Gubernur Baru?

Selasa, 15 November 2022 | 07:21 WIB

Anies Siap Tugas Lebih Besar, Ini Pidato Lengkap

Minggu, 16 Oktober 2022 | 19:10 WIB
X