• Minggu, 4 Desember 2022

Vonis ART Keluarga Nirina Zubir Hanya 13 Tahun Penjara, Lebih Ringan dari Tuntutan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:54 WIB
Mafia Tanah, Nirina Zubir Harap Terdkwa Dituntut Seberat-beratnya
Mafia Tanah, Nirina Zubir Harap Terdkwa Dituntut Seberat-beratnya

 

Setiafakta - Kasus penipuan yang dialami keluarga Nirina Zubir akhirnya sudah masuk tahap vonis. Pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Selasa (16/8/2022), mantan asisten rumah tangga (ART) ibu Nirina Zubir, terdakwa Riri Khasmita dan Edirianto divonis 13 tahun penjara. 

Eks ART Nirina Zubir dan suaminya itu dinilai hakim bersalah terkait tindak pidana pemalsuan surat dan pencucian uang kasus mafia tanah. Faktor yang memberatkan adalah sikap Riri dan suaminya berbelit-belit saat memberi keterangan.

Selain itu kedua terdakwa juga dibebani membayar denda masing-masing sebesar Rp 1 miliar, subsider selama 6 bulan kurungan. Sebelumnya, terdakwa Riri Khasmita dan Edirianto dituntut hukuman penjara 15 tahun pada saat proses penuntutan.. 

 Baca Juga: Mengapa Baju Bangka Belitung yang dikenakan Jokowi Berwarna Hijau Bukan Merah?

Hakim menyatakan kedua terdakwa terbukti melakukan tindak pidana berdasarkan Pasal 264 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP, dan Pasal 3 Undang Udang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Kisah ini heboh setelah Nirina Zubir melaporkan kasus ini ke polisi. Kasus tersebut berawal saat Nirina Zubir dan keluarga tak bisa menemukan sertifikat tanah milik mendiang ibunya yang disebut dititipkan ke mantan ART sang ibu, Riri Khasmita. Ternyata, sertifikat tersebut sudah balik nama dan dijual.

Setelah ditelusuri, akhirnya tersibak siapa pelakunya. Berdasarkan penuturan jaksa di pengadilan beberapa waktu lalu, Riri Khasmita mengelabui keluarga Nirina Zubir. 

Kisah ini bermula saat Riri Khasmita bekerja di rumah almarhumah Cut Indria Martini, yang merupakan ibu dari aktris  Nirina Zubir. Riri Khasmita dipercaya mengurus kos-kosan di Srengseng, Jakarta Barat, yang berjumlah 5 kamar bersama Edirianto, suaminya.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengapa Tiga Program Anies Dihapus Oleh Gubernur Baru?

Selasa, 15 November 2022 | 07:21 WIB

Anies Siap Tugas Lebih Besar, Ini Pidato Lengkap

Minggu, 16 Oktober 2022 | 19:10 WIB
X