• Rabu, 8 Desember 2021

Sungai Mai’ting, Wisata Alam Penguji Adrenalin di Toraja Utara

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 16:01 WIB
Panorama Bandara Buntu Kunik, bandara Buntu diharapkan dapat mempermudah akses wisatawan untuk berwisata ke Tana Toraja (Instagram@,selvyanggraini)
Panorama Bandara Buntu Kunik, bandara Buntu diharapkan dapat mempermudah akses wisatawan untuk berwisata ke Tana Toraja (Instagram@,selvyanggraini)

 

Setiafakta.com – Dikenal dengan adat dan kehidupan masyarakatnya yang merayakan pemakaman secara meriah dalam upacara Rambu Solo, Toraja Utara ternyata juga menyajikan sport tourism yakni arung jeram.

Salah satu titik awal arung jeram yang menjadi spot favorit ada di Sungai Mai’ting, terletak di Lembang Madong, dan bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan dari Rantepao, Ibukota Kabupaten Toraja Utara.

Penulis start dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Hasanuddin Makassar selama 2,5 jam. Nah menuju Toraja utara ini yang seru, bagi yang hobbi travelling menuju Toraja utara paling asyik jalur darat menggunakan bus salah satunya PO Bus Primadona dengan waktu tempuh 9 jam!

Wow seru kan, meski pantat agak pegal tapi sepanjang perjalanan menikmati pemandangan hingga sampai Toraja utara.

Sementara waktu tempuh perjalanan via udara, penulis saat pulang via Bandara Buntu Kunik yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 18 Maret 2021.

Dari Bandara Buntu Kunik, Toraja utara menuju bandara Hasanuddin makassar hanya diperlukan waktu 50 menit. Jadi Keberadaan bandara Buntu Kunik diharapkan dapat mempermudah akses wisatawan untuk berwisata ke Tana Toraja.

Suasana dengan latar rumah adat Toraja Utara (Instagram@selvianggrainy)

Balik lagi Wisata arung jeram, untuk sampai ke titik keberangkatan wisatawan perlu terlebih dahulu berjalan kaki menyusuri hutan, menuruni lembah, dengan kondisi jalan masih jalan tanah. Apabila hujan, jalan bisa menjadi sangat becek, sehingga setiap wisatawan diharapkan ekstra hati-hati agar tidak tergelincir.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Fakta Unik yang Membuat Semeru Sangat Terkenal

Minggu, 5 Desember 2021 | 13:10 WIB

Fakta Menarik Semeru untuk Wisata Misteri

Minggu, 5 Desember 2021 | 09:46 WIB

Apakah Omicron Lebih Berbahaya daripada Varian Delta?

Senin, 29 November 2021 | 19:07 WIB

Hyundai Creta Mulai Produksi Massal Pada 2022

Sabtu, 13 November 2021 | 11:04 WIB
X