Gumuk Pasir Parangkusumo Makin Tenar Gara-gara Kaesang dan Erina, Ini Faktanya

- Jumat, 2 Desember 2022 | 19:55 WIB
Suasana di Gumuk Pasir Parangkusumo  (Ig @jogjascnery)
Suasana di Gumuk Pasir Parangkusumo (Ig @jogjascnery)

 

Setiafakta.com - Gumuk Pasir Parangkusumo yang berada di sebelah barat Pantai Parangtritis Yogyakarta menjadi makin terkenal. 

Lokasi ini menjadi pembicaraan karena Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono melaksanakan pemotretan prewedding di sana. Gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya gundukan atau tumpukan.

"Mas @kaesangp dan Mbak Erina prewed di Gumuk Pasir. Kamu kapan?" tulis @pemkabbantul dalam keterangannya, Jumat (02/12).

Lokasi ini mirip gunung Sahara di Afrika. Bertumpuknya pasir di lokasi ini adalah hasil terpaan angin. Pasir bertumpuk di bawah angin bertahun-tahun sehingga menumpuk hingga  ketinggian 5-15 meter. 

Baca Juga: Wisata Pura Mangkunegaran, Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang, Rasakan Nuansa Keagungan

Pasirnya sendiri berasal dari letusan Gunung Merapi di Yogyakarta. Hasil letusan terbawa aliran sungai dan bermuara di sungai Opak dan sungai Progo.

Berwisata di Gumuk Pasir Parangkusumo hanya perlu membayar tiket parkir, mulai dari Rp 3.000-10.000. Jam operasional setiap hari pada pukul 07.30-18.30 WIB. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung.

Banyak hal yang bisa dilakukan di kawasan wisata satu ini. Saat berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo, jangan melewatkan destinasi wisata menarik lainnya di sekitar gumukan pasir tersebut. 

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rancabali, Nikmati Kebun Hijau dan Keliling Pabrik Teh

Minggu, 25 Desember 2022 | 12:53 WIB

Raja Ampat Paling Menenangkan di Dunia

Jumat, 18 November 2022 | 22:55 WIB
X