Pemerintah Akan Bersubsidi Motor Listrik Rp6,5 Juta, Inilah Harga Saat Ini

- Rabu, 30 November 2022 | 19:02 WIB
Ilustrasi motor listrik (Ig imos)
Ilustrasi motor listrik (Ig imos)

 

Setiafakta.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah akan memberikan subsidi untuk pembelian motor listrik sekitar Rp6,5 juta.

Angka persisnya belum ditentukan tetapi sebagai perbandingan Thailand memberi Rp7 juta subsidi per motor. Hal ini dikatakan Luhut dalam sebuah acara seperti ditayangkan di channel Youtube PermataBank dikutip Rabu (30/11/2022).

Saat ini jika seseorang membeli bahan bakar fosil juga mendapatkan subsidi khususnya untuk pertalite dan solar. Jika dihitung-hitung maka besarnya subsidi untuk motor listrik akan lebih kecil dibandingkan subsidi bahan bakar fosil.

Baca Juga: Babak 16 Besar Pertemukan Inggris vs Senegal dan Belanda vs Amerika

"Kita tukar engine sepeda motor dengan sepeda motor listrik, dan itu bisa dilakukan. Sekarang sedang disiapkan motornya dibuat," ucap Luhut.

Dengan banyaknya motor listrik maka udara juga akan bersih.

"Air quality di Jakarta pasti akan lebih baik. Karena tidak ada lagi asap-asap dari mobil transportasi, dari sepeda motor, dari mobil pasti berkurang," katanya.

Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR – atau disebut Vektor) Gilarsi W. Setijono, mengatakan untuk mempercepat tumbuhnya industri ini memang diperlukan serangkaian ketentuan yang jelas.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Artikel Terkait

Terkini

E-commerce JD.ID Tutup, Apa yang Terjadi?

Senin, 30 Januari 2023 | 13:05 WIB

Bagaimana Cara Konversi Motor BBM ke Listrik?

Selasa, 20 Desember 2022 | 14:30 WIB

Berapa Harga Motor Listrik Setelah Dipotong Subsidi?

Sabtu, 17 Desember 2022 | 17:08 WIB

Harga Saham GOTO Turun Terus, Ini Faktanya

Kamis, 8 Desember 2022 | 12:07 WIB
X