• Sabtu, 20 Agustus 2022

Fakta Nasib Industri Pariwisata Pulau Komodo dan Padar Pasca Kenaikan Tarif

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 10:28 WIB
Pulau Komodo menjadi destinasi wisata internasional. Kini menjadi sorotan karena adanya kenaikkan tarif masuk. (Tangkapan layar youtube del hakims)
Pulau Komodo menjadi destinasi wisata internasional. Kini menjadi sorotan karena adanya kenaikkan tarif masuk. (Tangkapan layar youtube del hakims)

Setiafakta.com - Sejak Senin (1/8/2022) harga tiket masuk ke Pulau Komodo dan Padar menjadi Rp3, 75 juta naik pesar dari tarif sebelumnya Rp150 ribu.

Akibat kenaikan yang kontras, turis juga kaget. Suasana di terminal Bandara Komodo pada Senin pagi sekitar pukul 09.55 Wita terlihat sepi dibandingkan biasanya. Ini adalah imbas adanya pemogokan pelaku pariwisata di sana, turis tentu saja tidak akan datang. 

Jika turis tidak datang tentu merugikan banyak pihak. Sebagai gambaran, data Kantor Balai Taman Nasional Komodo yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS), menyebutkan jumlah pengunjung TNK sebelum pandemi Covid-19 mencapai 221,78 ribu jiwa. 

Baca Juga: Tim Wanita Inggris Juara Eropa, Inilah Profil Sang Kapten Leah Williamson

Dengan rincian, wisatawan mancanegara sebanyak 144,07 ribu jiwa dan wisatawan domestik 77,64 ribu jiwa. Terlihat jelas bahwa wisatawan asing sangat dominan. Belakangan sejak pandemi Covid-19, kedatangan turis memang menurun drastis.

Ketua Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Labuan Bajo Ignasius Suradin mengatakan lebih dari 10 ribu wisatawan domestik dan mancanegara membatalkan kunjungannya ke wilayah tersebut akibat kenaikan harga tiket masuk ke Pulau Komodo yang tembus Rp3,75 juta.

"Jumlahnya tidak pasti tetapi diperkirakan seperti itu, dan itu untuk tiga bulan ke depan, dan paling banyak pada Agustus," kata Ignasius Suradin, mengutip Antara, Senin (1/8).

Baca Juga: Penampilan Kiper Timnas U-16 Indonesia Jadi Sorotan

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa wisatawan bisa melihat komodo di Pulau Rinca dengan harga tiket sama. (kemenparekraf.go.id)

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengapa Langkah Baim Wong Dinilai Salah

Selasa, 26 Juli 2022 | 07:41 WIB

Tiket ke Borobudur Seharusnya Tetap Murah

Minggu, 5 Juni 2022 | 22:34 WIB

Fakta Tentang IPO GOTO, Bisa Jadi Pertimbangan

Senin, 11 April 2022 | 11:20 WIB
X