• Kamis, 28 Oktober 2021

Siasat RunClean Usaha Jasa Cuci Sepatu Bertahan Saat Pandemi

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 07:05 WIB
Owner RunClean yang juga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta Ranilla Suciati menjelaskan bahwa dirinya sendiri mulai membuka usaha cuci, repaint, repair sepatu sejak awal Januari 2020 (Istimewa)
Owner RunClean yang juga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta Ranilla Suciati menjelaskan bahwa dirinya sendiri mulai membuka usaha cuci, repaint, repair sepatu sejak awal Januari 2020 (Istimewa)

 

Jakarta - Sejak awal Pandemi  Covid-19 , banyak sektor yang terpengaruh  adanya Pandemi salah satunya sudah pasti sektor erekonomi. Banyak para pengusaha di Indonesia khususnya UMKM harus lebih memutar otak untuk tetap bertahan di masa Pandemi.

Owner RunClean yang juga dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN Veteran Jakarta Ranilla Suciati menjelaskan bahwa dirinya sendiri mulai membuka usaha cuci, repaint, repair sepatu sejak awal Januari 2020. 

RunClean sendiri awalnya memiliki 4 cabang, namun akibat Pandemi saat ini hanya tersisa 2 cabang yaitu di Ciputra Mall Cibubur dan Summarecon Mall Bekasi. Selain itu dampak negatif lainnya dari Pandemi ini juga mengharuskan Rani untuk mengeluarkan dana pribadinya untuk usaha tersebut. 

"Jadi penghasilan pribadi ikut tercampur karena harus menutupi biaya-biaya karyawan yang tetap bekerja di RunClean," ujar Rani pada Program Indonesia UKM Forum "Kiat Kuat Usaha Saat Pandemi" Trijaya Networks, Rabu (13/10/2021). 

Baca Juga: Piala Thomas: Deg deg an, Indonesia Susah Payah Kandaskan Taiwan 3-2

Rani juga menjelaskan tutupnya Mall saat Pandemi gelombang pertama hingga kedua, membuat usaha RunClean harus berhenti total. 

Upaya menjemput bola atau melakukan usaha di rumah dianggap tidak memungkinkan karena alat yang tidak mendukung dan juga masyarakat yang mulai membatasi konsumsinya. 

Di sisi lain, pelonggaran PPKM saat ini membuat usaha RunClean mulai meningkat lagi. 

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Dorong Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Senin, 25 Oktober 2021 | 14:50 WIB

BPKH Jalin Kerja Sama dengan BUMD Jawa Barat

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:43 WIB

Dalam TEI DI 2021, PPI Buka Pasar Belanda

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:26 WIB

Ssstt, BNI Dikabarkan Akuisisi Bank Mayora

Selasa, 19 Oktober 2021 | 17:01 WIB
X