Kemlu Benarkan Pilot yang Tewas di Yunani Adalah Orang Indonesia

- Jumat, 16 Desember 2022 | 17:01 WIB
Ilustrasi pesawat mesin tunggal (Pixabay )
Ilustrasi pesawat mesin tunggal (Pixabay )

 

Setiafakta.com - Pilot Warga Negara Indonesia (WNI) tewas setelah pesawat jatuh di laut di Yunani. "KBRI Athena telah menerima informasi dari Hellenic Coast Guard (HCG) Yunani terkait kecelakaan pesawat bermesin tunggal di lepas pantai utara Heraklion, Crete, Kamis (15/12)," ucap juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah, Jumat (16/12/2022).

"Kecelakaan mengakibatkan tewasnya dua orang awak pesawat. Salah satu korban adalah warga negara Indonesia, usia 68 tahun, yang merupakan Pilot pesawat tersebut," katanya.

Sampai saat ini, otoritas Yunani masih mendalami penyebab dari kecelakaan tersebut. "KBRI Athena telah dan terus berkoordinasi erat dengan otoritas setempat, pihak-pihak terkait termasuk keluarga dan perusahaan tempat korban bekerja," katanya.

Baca Juga: Anies Baswedan Bantah Dugaan Kampanye Terselubung

Kemudian, proses pemulangan jenazah akan dibantu oleh KBRI Athena. Namun, Faizasyah belum mendapat informasi kapan jenazah korban akan dibawa ke tanah air.

"KBRI Athena juga akan membantu dalam proses pemulangan jenazah ke tanah air. Saya pastikan lebih lanjut," katanya.

Sebelumnya, Dilansir media lokal ekathimerini.com, Jumat (16/12/2022), sumber-sumber Penjaga Pantai Yunani mengatakan mereka telah menemukan dan mengeluarkan dua pria dari pesawat kecil tersebut. 

Pria yang lebih muda, warga negara Afrika Selatan, ditemukan selamat. Namun, pria lainnya yang disebut sebagai WNI, telah meninggal dunia.

Baca Juga: Pria Indonesia 62 Tahun Meninggal Setelah Pesawatnya Jatuh ke Laut Yunani

Tim penyelamat sempat melakukan CPR pada WNI tersebut ketika dia ditemukan tidak sadarkan diri. Namun, dokter memastikan kematiannya di Rumah Sakit Venizeleio, tempat dia dibawa setelah diangkat dari lautan.

Pesawat kecil yang dilaporkan terdaftar di Indonesia itu, lepas landas dari Bandara Iraklio menuju ke Mesir sebelum pesawat jatuh.

Pesawat itu jatuh di laut lepas Pulau Kreta, beberapa saat setelah mengirim sinyal SOS. Dalam laporan ERT, dikutip dari Anadolu, sinyal SOS dikirim sekitar pukul 09.55 waktu setempat.

Penjaga pantai langsung bergerak menuju lokasi kecelakaan dan berhasil menarik keluar dua orang yang ada di pesawat tersebut.

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sopir Penabrak Mahasiswa Akhirnya Jadi Tersangka

Minggu, 29 Januari 2023 | 14:42 WIB

Fakta Pembunuhan Berantai di Bekasi dan Cianjur

Jumat, 20 Januari 2023 | 09:00 WIB
X