• Sabtu, 20 Agustus 2022

Fakta Desa Wisata Nglanggeran, Mengagumi Keajaiban Bebatuan Berumur Ratusan Juta Tahun

- Minggu, 3 April 2022 | 21:49 WIB
Bebatuan di Nglanggeran  (Pemprovdiy.go.id)
Bebatuan di Nglanggeran (Pemprovdiy.go.id)

 

 

Setiafakta.com - Saat berkunjung ke Yogayakarta, ada baiknya mampir ke Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Desa ini meraih penghargaan sebagai Best Tourism Village 2021 dari Organisasi Pariwisata Dunia di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO).

Desa Wisata Nglanggeran mendapat penghargaan tersebut bersama dengan 44 desa wisata lain yang berasal dari 32 negara di dunia.

Nglanggeran terbentuk dari Gunung api dasar laut yang terangkat dan kemudian menjadi daratan jutaan tahun lalu. Puncak gunung tersebut adalah Gunung Gedhe di ketinggian sekitar 700 meter dari permukaan laut, dengan luas kawasan pegunungan mencapai 48 hektar.

 

Belajar membajak (IG desa wisata Nglanggeran )

Di sana berkembang cerita rakyat bahwa bukit Nglanggeran konon merupakan tempat menghukum warga desa yang melanggar ketentuan masyarakat. Konon dulu ada warga mencoba merusak wayang milik dalang.vOrang ini lau dibuang ke Bukit Nglanggeran.

Warga sekitar mengatakan bahwa menurut kepercayaan, Gunung Nglanggeran dijaga oleh Kyai Ongko Wijoyo serta tokoh pewayangan Punokawan. Pada malam tahun baru Jawa beberapa orang melakukan semadi di pucuk gunung.

Dilansir dari gunungapipurba.com, bagi wisatawan yang ingin berkemah, tersedia wilayah camping ground yang indah. Wisatawan dapat trekking menjelajahi bongkahan-bongkahan batu seukuran raksasa yang menjulang. Gunung Api Purba Nglanggeran juga merupakan salah satu Geosite di Gunung Sewu UNESCO Global Geopark.

Air terjun Nglanggeran (IG desa wisata Nglanggeran )

Halaman:

Editor: R. Wiranto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jenazah Eril Dikawal KBRI Swiss Hingga Jakarta

Kamis, 9 Juni 2022 | 21:26 WIB
X