• Jumat, 29 Oktober 2021

5 Fakta Unik Sumedang, Lezatnya Tahu Bungkeng Hingga Makam Cut Nyak Dien

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:43 WIB
Jembatan cincin salah satu ikon Sumedang dengan cerita cerita mistis terkait sejarah jembatan unik tersebut (@sumedangbanget)
Jembatan cincin salah satu ikon Sumedang dengan cerita cerita mistis terkait sejarah jembatan unik tersebut (@sumedangbanget)

Setiafakta.com- Sumedang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Bandung.

Sumedang sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang khas. Suasana daerahnya yang dikelilingi oleh deretan gunung senantiasa membuat daya tarik tersendiri bagi siapapun yang berkunjung.

Tidak hanya Tahunya Sumedang memiliki hal yang mungkin belum anda tahu. Berikut enam fakta unik dan menarik seputar Sumedang yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Tahu Bungkeng, Legenda Tahu Sumedang

Tahu Bungkeng adalah perintis atau cikal bakal dari Tahu Sumedang . Tahu Bungkeng sudah ada sejak 1917. Kabarnya Tahu Bungkeng ini dibawa oleh orang Tiongkok bernama Ong Kino, pada 1917 yang melakukan perdagangan di Kota Sumedang dan menjadi salah satu alternatif pangan pertama selain hasil bumi.

Tahu bungkeng nan legendaris dari Sumedang, tahu ini terkenal akan kelezatannya (@tahu.bungkeng)

Setelah Ong Kino pulang ke Tiongkok, usaha yang telah dirintisnya itu diwariskan kepada anaknya bernama Ong Bun Keng.yang kini terkenal dengan nama anaknya.

2.Komoditas Unggul
Sumedang memiliki komoditas unggulannya, seperti Ubi Cilembu, Salak Slebong dan Sawo Citali yang punya banyak keunggulan. Ubi Cilembu misalnya, merupakan jenis komoditas pertanian asli dari Desa Cilembu, Kabupaten Sumedang. Ubi ini pada umumnya sangat berbeda dengan ubi yang ada di daerah lain.

Salah satunya, kalau dimasukkan dalam microwave, maka Ubi Cilembu ini akan mengeluarkan cairan lengket yang tenyata manis seperti madu. Sedangkan Salak Slebong memiliki keunggulan rasa yang manis seperti Salak Pondoh dan ukuran yang relatif lebih besar seperti Salak Bongkok.

Halaman:

Editor: Arief Sinaga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Sekadau Kalbar, Satu Warga Meninggal Dunia

Kamis, 28 Oktober 2021 | 15:46 WIB

Euleuh, Damri Bandung Setop Operasi Sementara

Kamis, 28 Oktober 2021 | 13:31 WIB

Atlet Taekwondo Muda Pamer Jurus, Ganjar: Bahaya!

Senin, 25 Oktober 2021 | 19:09 WIB
X